03 Juli 2008

Kolumbia Bebaskan Betancourt dan 3 Sandera Lainnya

Pihak berwenang Kolombia mengatakan, mereka telah membebaskan Ingrid Betancourt dan tiga orang Amerika yang disandera oleh pemberontak FARC di Kolombia.Kolombia (BBC/AP/AMO) —

Betancourt, politisi dan bekas kandidat presiden Kolombia berkewarganegaraan Kolombia-Prancis, disandera selama lebih dari enam tahun oleh kelompok pemberontak FARC dan dilaporkan berada dalam kondisi kesehatan yang buruk.

Ingrid Betancourt in 2001

Betancourt adalah sandera FARC yang paling terkenal dan pemerintah Prancis selama ini menjadikan pembebasannya sebagai prioritas.

Kelompok FARC telah berjuang untuk menggulingkan pemerintah Kolombia selama 40 tahun terakhir.

Militer Kolombia mengatakan, jumlah total sekitar 15 sandera juga dibebaskan hari Rabu, diantaranya 11 tentara negara itu.

Menteri Luar Negeri Prancis Bernard Kouchner mengunjungi Amerika Latin sebelumnya tahun ini untuk mempererat hubungan dengan para pemimpin kawasan itu yang selama ini memiliki pengaruh dalam membebaskan para sandera FARC. Ingrid Betancourt

Betancourt diculik oleh pemberontak FARC, Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia, tahun 2002 ketika sedang berkampanye untuk menjadi presiden Kolombia.

Betancourt diyakini menderita penyakit liver dan dalam sebuah gambar video baru-baru ini kondisinya tampak lemah. (Tg/AMO)

AMO

Tidak ada komentar: