28 Juni 2008

Obama Clinton kampanye bersama

Obama dan Clinton
Obama dan Clinton tampil bersama di New Hampshire
Hillary Clinton tampil bersama Barack Obama dalam satu kampanye. Ini adalah pertamakalinya mereka tampil bersama sejak Hillary mundur dari pertarungan untuk menjadi calon dari Partai Demokrat.

Kampanye berjudul, "Kampanye Persatuan, New Hampshire" adalah kesempatan bagi para pendukung Partai Demokrat untuk bersatu setelah pertarungan bakal calon presiden yang seru.

Pawai itu diadakan setelah Kamis malam berlangsung acara makan malam bersama di Washington, tempat Obama menawarkan bantuan membantu melunasi hutang-hutang kampanya Hillary.

Nyonya Clinton mendukung para pendukungnya di dalam kampanye ini untuk memberikan suara pada Obama.

"Jika anda pikir kita semua perlu satu arah baru, satu agenda baru, maka pilihlah Barack Obama dan anda akan mendapatkan perubahan yang anda inginkan," kata dia kepada kerumunan massa yang menyambut hangat seruannya.

"Dia akan bekerja untuk anda, dia akan berjuang untuk anda dan dia akan membela anda setiap hari di Gedung Putih."

Setelah pidatonya, Obama bergabung dengan massa yang meneriakkan "terima kasih Hillary".

Obama mengatakan warga Demokrat memerlukan Nyonya Clinton dan suaminya, mantan Presiden Bill Clinton, jika mereka ingin memenangkan kursi kepresidenan.

"Kita sangat memerlukan mereka, bukan hanya kampanye saya, tetapi rakyat Amerika memerlukan jasa mereka, visi mereka dan kebijaksanaan mereka," kata Obama. Walaupun dia dan Nyonya Clinton memulai kampanye untuk menjadi calon presiden dari Partai Demokrat dengan agenda yang berbeda, Obama mengatakan mereka berdua "mencatat sejarah bersama".

Beban hutang

Editor BBC untuk Amerika Utara, Justin Webb mengatakan kampanye bersama dalam persatuan ini sangat kaya dengan simbol-simbol politik.

New Hampshire adalah kota dimana partai Demokrat terbagi rata, 107 suara memilih Obama dan 107 suara lainnya memilih Hillary Clinton.

Obama dan Nyonya Clinton menyambut satu sama lain dengan ciuman pipi dan jabat tangan ketika mereka bertemu untuk naik pesawat ke New Hampshire hari Jum'at kemarin. Mereka juga duduk bersisian di dalam pesawat, demikian lapor kantor berita Associated Press.

Berbagai jajak pendapat mengisyaratkan bahwa Obama tampaknya akan merebut hati para pendukung Nyonya Clinton sejak Clinton mundur dari pencalonan, satu diantara lima pendukung Nyonya Clinton sudah mengindikasikan bahwa mereka akan memilih calon dari Partai Republik, John McCain.

Koresponden BBC menambahkan bahwa acara makan malam untuk menggalang dana kampanye sangat penting bagi kedua pihak. Kampanye Clinton memerlukan injeksi tunai untuk membayar hutang sekitar 20 juta dolar Amerika, tetapi Obama memerlukan bantuan dari tim Clinton untuk menggalang lebih banyak dana.

Para penasehat Nyonya Clinton sudah memperingatkan Obama bahwa kemampuan Clinton mengkampanyekan Obama akan terbatas jika dia harus menghabiskan musim panas ini untuk menggalang dana guna membayar hutang-hutangnya.

Sumber: BBC

Tidak ada komentar: